Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbeda dengan Susu Biasa, Inilah 10 Manfaat Susu Pasteurisasi

Seperti diketahui, susu bermanfaat bagi kesehatan tubuh lho. Sejak kecil Uncle sudah terbiasa mengkonsumsi susu. Kandungan gizinya yang kaya akan nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ya, susu adalah minuman yang menyehatkan. 

Salah satunya adalah susu pasteurisasi. Yup, seperti susu pada umumnya, jenis susu juga memiliki kandungan berbagai macam nutrisi seperti vitamin, mineral, dan protein. Lantas, apa yang membedakannya?

Mengutip laman Haibunda, Pasteurisasi adalah proses memanaskan susu lebih tinggi dari titik didihnya. Teknik ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan partikel berbahaya lainnya yang ditemukan dalam susu.

Dalam prakteknya, metode pasteurisasi susu yang paling umum adalah dipanaskan hingga 72 derajat Celcius selama 15 detik yang dikenal dengan istilah High Temperature Short-Time Pasteurization (HTST). Selain itu, susu pasteurisasi memiliki manfaat yang lebih baik dari susu pada umumnya. Nah, simak ulasan berikut ini ya!

Manfaat Susu Pasteurisasi

susu pasteurisasi
Ilustrasi susu pasteurisasi

Terdapat beberapa manfaat yang bisa kita rasakan saat minum susu pasteurisasi, antara lain:

1. Nilai Gizi Yang Lebih Baik

Komposisi pada susu pasteurisasi mirip dengan susu yang dihasilkan oleh hewan seperti sapi atau kambing. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, metode pasteurisasi sejatinya tidak membunuh semua mikroorganisme dalam susu, melainkan membunuh beberapa kuman dan menonaktifkan beberapa enzim.

2. Meminimalkan Risiko Penyakit

Karena bebas dari kuman berbahaya, hal tersebut membuat risiko penyakit lebih kecil. Ini dikarenakan proses pasteurisasi menghancurkan mikroorganisme yang dapat terjadi pada susu.

3. Nutrisi Seimbang Secara Alami

minum susu pasteurisasi

Susu pasteurisasi mengandung komposisi protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang tepat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

4. Baik Untuk Tulang

Produk olahannya mengandung kalsium, fosfor, magnesium, dan protein yang penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang. Karena Itulah anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat dianjurkan untuk minum susu ini.

5. Baik Untuk Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu pasteurisasi sangat baik untuk kesehatan gigi. Protein, kalsium, fosfor yang terkandung dapat melindungi gigi, merangsang produksi air liur dan menetralkan asam akibat makanan yang masuk ke dalam mulut. 

Studi kesehatan terbaru juga menyebutkan bahwa susu pasteurisasi juga mampu mengurangi efek karsinogenik makanan pada gigi.

6.  Mencegah Risiko Serangan Jantung

Menurut sebuah studi kesehatan yang dilakukan di University of Cardiff, Inggris, kebiasaan minum susu pasteurisasi setiap hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit mematikan seperti serangan jantung dan stroke. 

7. Dapat Menjaga Dan Menurunkan Tekanan Darah

Kalsium, kalium, protein, dan magnesium dalam susu pasteurisasi efektif untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah.Mengonsumsi susu susu per harinya bersama dengan buah sebagai bagian dari diet makanan dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa dan anak-anak.

8. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang paling banyak menyerang orang dewasa. Sebuah studi kesehatan yang mengamati sekitar 37.000 wanita dewasa yang biasa mengonsumsi susu pasteurisasi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. 

9. Mencegah  Risiko Kanker Usus Besar

Susu pasteurisasi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus besar. produk susu pasteurisasi juga dikenal sebagai senyawa pelindung terhadap kanker usus. Konsumsi setidaknya satu gelas perhari.

10. Sebagai Penetral Racun Dalam Makanan

Susu pasteurisasi mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang dapat membuat tubuh bugar, sehat, dan kuat. Oleh sebab itu, Uncle sarankan untuk memulai dari sekarang memasukkan susu pasteurisasi dalam menu harian Kamu ya.



















1 komentar untuk "Berbeda dengan Susu Biasa, Inilah 10 Manfaat Susu Pasteurisasi"