Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Fakta Steak Tartare, Makanan Elite dari Perancis

Bingung mau masak apa hari ini? Kamu bisa mengolah daging dengan varian yang berbeda dari hari biasanya lho! Kamu bisa mencoba Steak Tartare untuk hidangan di rumah hari ini. Lantas bagaimana cara pembuatannya?

1. Informasi Makanan

Sebelum masuk ke resep dan pembuatannya, sebaiknya kamu ketahui dulu informasi dari makanan yang satu ini. Yup, steak tartare sendiri merupakan olahan daging sapi atau babi mentah yang berasal dari bagian sirloin, striploin, dan tenderloin. Daging olahan steak ini dibuat degan cara dicincang halus atau dengan digiling.

2. Asal Muasal

Seperti steak yang lainnya, steak tartare berasal dari belahan bumi Eropa. Orang-orang di sana memang penyuka daging untuk menghangatkan tubuh mereka. Adapun steak tartare sendiri merupakan olahan populer dan pastinya juga lezat.

Makanan Elite Perancis

steak tartare


Hidangan daging ini merupakan makanan yang populer di Perancis sejak abad ke-20. Meskipun merupakan olahan mentah, makanan ini dibuat sebagai makanan yang mewah. Ini karena steak tartare dibuat dari daging dengan kualitas terbaik.

Pengolahannya pun juga harus hati-hati. Ini karena olahan daging mentah rentan terhadap bakteri. Oleh karena itu, menjaga daging untuk steril menjadi hal utama agar olahan daging mentah tetap memiliki nilai gizi dan nutrisi yang tinggi.

Populer di Film Mr. Bean

Bagi kamu yang pernah melihat film Mr. Bean, tentunya kamu tidak asing lagi dengan adegan saat Bean makan malam di restoran. Terdapat hidangan semacam steak pada adegan tersebut. Nah, hidangan yang dimaksud adalah steak tartare yang kemudian menjadi makanan populer.

Olahan steak tartare ini diolah dengan campuran bawang bombai, merica, saus, dan bumbu rempah-rempah lainnya untuk menambahkan cita rasa yang gurih. Penasaran ingin segera membuatnya? Berikut resep dan cara membuatnya yang bisa kamu praktikkan.

3. Resep Steak Tartare dan Cara Membuatnya

Resep utama untuk membuat steka tartare yang pasti adalah daging sapi. Pastikan kamu memilih daging sapi dengan kualitas terbaik. Pastikan juga bahwa daging sapi disimpan pada suhu dingin. Ini tentunya bertujuan agar daging tetap dalam kondisi segar.

Resep Steak Tartare Mudah

Pilihlah daging bagian sirloin, striploin, atau tenderloin dengan berat 500 gr, bersihkan lalu cincang halus. 2 sdt cuka, ½ sdt jamur, 2 kuning telur, ¼ cangkir minyak zaitun, 2 sdm bawang merah dan haluskan, 2 sdm caper, 1 sdt garam, daun seledri, dan lemon.

Cara Membuat Steak Tartare

Pertama, potonglah daging bentuk dadu kira-kira berukuran 2 cm. Lalu simpan di freezer selama 10 menit. Campurkan cuka, jamur, minyak zaitun, dan kuning telur dengan cara mengocoknya sampai rata. Masukkan seledri, bawang merah, caper, dan garam.

Ambil daging dari freezer kemudian cincang bersama dengan Resep Steak Tartare yang sudah dibuat. Setelah itu, bentuk cincangan daging ke wadah pencetak sampi menjadi patty. Lalu, tambahkan perasan lemon. Steak Tartare pun siap dihidangkan.

Varian lain dari olahan steak tartare adalah dengan menambahkan kuning telur mentah di atasnya. Jadi, kuning telur tidak diolah pada saat bumbu dicampurkan. Steak tartare ini juga bisa dimakan dengan menambahkan roti, sehingga mirip dengan hotdog.

Rasa Steak Tartare

Ingin membuatnya, tapi kamu masih ragu dengan rasanya? Rasa steak tartare ini asam dan segar karena berasal dari rempah bawang dan caper, serta perasan lemon. Kuning telurnya menciptakan rasa creamy yang akan lumer saat masuk mulut.

resep steak tartare

Belum lagi jika kamu menambahkan roti atau kentang goreng. Tekstur yang lembut pun akan menjadi sensasi sendiri saat masuk mulut. Jadi, saat menyantap steak tartare ini kamu akan menikmati sensasi makan dengan rasa dan tekstur yang kompleks.

Jadi, tidak hanya sushi saja yang menggunakan ikan mentah sebagai makanan. Daging mentah pun bisa dibuat hidangan dengan cita rasa yang lezat. Tentunya jika kamu membuatnya dengan resep yang pas dan cara pembuatan yang tepat.

Sekian informasi perihal steak tartare yang bisa jadi referensi hidangan kamu di rumah. Olahan steak tartare ini cocok untuk kamu yang suka makan daging dan juga olahan mentah. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba olahan daging mentah ini? 


Posting Komentar untuk "3 Fakta Steak Tartare, Makanan Elite dari Perancis"