Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aneka Menu Nasi Goreng Nusantara yang Perlu Diketahui

Hidangan makanan nusantara seperti nasi goreng pastinya tentu sangat familiar. Hal ini karena di setiap daerah penjuru Indonesia, terdapat berbagai macam hidangan nasi goreng yang khas. Tentunya ini tidak hanya digemari  warga lokal, namun juga menjadi favorit bagi wisatawan mancanegara lho.

Ya, nasi goreng memiliki banyak varian rasa dengan berbagai resep yang menggunakan beragam bumbu. Cita rasa khas nasi goreng di berbagai daerah pun membuat nasi goreng mudah untuk dikenali meskipun secara tampilan sama saja.

Lantas apa saja varian hidangan ini yang kerap ditemukan? Simak ulasannya sebagai berikut!

Aneka Nasi Goreng Nusantara

Indonesia kaya akan segala hal, termasuk dibidang kuliner seperti yang terdapat pada menu nasi goreng. Ada beberapa varian nasi goreng nusantara yang umum dijumpai, antara lain yaitu:

1. Nasi Goreng Khas Jawa

nasi goreng jawa


Aneka Resep Nasi Goreng Nusantara yang paling familiar adalah nasi goreng Jawa atau nasi goreng kampung. Cara masaknya dengan cara tradisional, yakni dimasak dengan bahan bakar kayu. Ciri khasnya memiliki rasa manis dengan tampilan yang kecoklatan.

Adapun resep nasi goreng Jawa adalah cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih yang dihaluskan. Boleh juga ditambahkan terasi. Lalu, tumis bumbu sampai harum. Masukkan telur orak-arik, ayam suwir, dan tambahkan kecap manis.

Setelah semua bumbu dan topping merata, baru masukkan nasi, garam, dan merica. Sesuaikan rasanya dengan selera kamu. Simpel bukan cara membuat nasi goreng ini? Selanjutnya, akan dijelaskan tentang resep nasi goreng Aceh.

2. Nasi Goreng Aceh

Nasi goreng asal Aceh ini memiliki aroma khas rempah. Resep nasi goreng ini dengan menghaluskan bumbu: bawang merah, bawang putih, pala, cabai merah, terasi, dan pala. Lalu tumis di atas api kecil. Tumis dengan menambahkan saus tiram dan kecap.

Setelah iitu masukkan nasi dan aduk hingga merata dan bumbu meresap dengan baik. Jika sudah masak, maka tambahkan topping acar bawang dan emping.

3. Nasi Goreng Magelangan

Aneka Resep Nasi Goreng Nusantara yang patut kamu coba adalah nasi goreng magelangan. Secara tampilan, nasi goreng magalenagan ini mudah dikenali. Sebab ada tambahan topping mie dan tauge yang sudah direbus terlebih dahulu.

Resep nasi goreng ini dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbunya bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, dan ebi. Tumis bumbu lalu masukkan orak-arik telur dan ayam suwir. Baru kemudian masukkan nasi, mie, dan tauge.

4. Nasi Goreng Rendang

Dari namanya, tentu sudah diketahui kalau nasi goreng ini memiliki cita rasa rendang yang kaya akan bumbu. Nasi goreng rendang ini dibuat dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbunya sendiri menggunakan bumbu rendang.

Selain itu, ditambahkan juga bumbu lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan telur. Setelah bumbu harum, masukkan nasi dan tambahkan kecap dan merica bubuk. Aduk sampai bumbu tercampur rata.

5. Nasi Goreng Kuning

Aneka Resep Nasi Goreng Nusantara tidak menggunakan nasi putih sebagai bahan dasar. Olahan ini menggunakan nasi kuning sebagai bahan dasarnya. Nasi kuning sendiri adalah nasi yang sudah dimasak dengan bumbu dan kunyit sebagai pewarna alami.

Masak dengan menghaluskan bumbu cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Tumis bumbu sampai harum, masukkan telur orak-arik. Tambahkan juga ayam suwir dan kecap manis. Baru masukkan nasi, garam, dan merica halus.

6. Nasi Goreng Kambing

Tidak menggunakan ayam suwir seperti nasi goreng lainnya. Nasi goreng ini menggunakan topping daging kambing. Meskipun daging kambing, namun bau prengusnya tidak tercium. Ini karena banyaknya rempah yang digunakan.

Cara membuatnya dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbu berupa bawang merah, bawang putih, jinten, kapulaga, cengkih, kunyit, dan lada. Setelah bumbu harum, masukkan daging kambing, tambahkan air, lalu masak sampai empuk.

7. Nasi Goreng Padang

Aneka Resep Nasi Goreng Nusantara yang harus kamu cicipi dan buat adalah nasi goreng Padang. Nasi goreng ini memiliki cita rasa yang khas dengan tekstur yang lebih kering karena menggunakan sedikit minyak saat mengolahnya.

Nasi goreng Padang ini bisa kamu kenali dengan mudah hanya dengan melihat tampilan luarnya saja. Sebab nasi goreng ini ditaburi dengan taburan seledri dan ayam suwir.

Itulah berbagai aneka menu nasi goreng nusantara. Di antara varian menu tersebut, manakah nasi goreng yang menjadi favorit kamu?


Posting Komentar untuk "7 Aneka Menu Nasi Goreng Nusantara yang Perlu Diketahui"